Tlp / WA : 0896-6586-9623 
Email : shopmanual05@gmail.com

cooling system

cooling system .Cooling system, seperti biasa sebelum kami melanjutkan posting ini terlebih dahulu sedikit memberi tau bahwa posting tersebut sudah sangat banyak di posting oleh para mekanik senior dan para blogger mania, Tetapi kali ini kami akan mencoba dengan sedikit berbeda namun mempunyai tujuan yang sama.

APA ITU COOLING SYSTEM. .?
Cooling system adalah salah satu dari beberapa sistem yang ada pada engine atau mesin seperti, Fuel system, Air system, Cooling system, dan Lubricating system, baca disini Ketika kita tidak mengenal dari sistem yang ada jangan berharap akan bisa menganalisa kerusakan pada engine itu sendiri.
Sementara cooling system adalah sistem pendinginan yang di dukung oleh beberapa komponen misalnya, (1) water pump, (2) oil cooler, (3) radiator, Fan ( Kipas ) atau semua yang berhubungan dengan air (water).

APA ITU WATER POMP. .?
Water pump adalah pompa air (water) yang bekerja mengisap dan membuang air (water) terdiri dari sebuah impeller dengan kipas-kipas yang berbentuk kurva atau kami menyebutnya dengan bahasa wayer. Dengan water pomp inilah air akan terus mengali keluar dan masuk kembali, yang pada umumnya di sebut sirkulasi.

LALU APA ITU RADIATOR . .?
Yang paling mudah memikirnya, Radiator adalah tempat menampung air yang di buang dari water pomp setelah merendam dengan mengalir di dalam block, cylinder head dan oil cooler, Radiator inilah tempat menurunkan suhu panas menjadi stabil kembali.

BAGAIMANA CARA KERJA COOLING SYSTEM. .?
Yang paling mudah mengingat nya dan mudah memikir kan nya cooling system adalah merendam komponen dengan air ( water ) misal block mesin, cylinder head, oil, yang semua itu sudah di bentuk dari pabriknya di dalam bongkahan engine atau mesin itu sendiri, Water pump ( pompa air) berguna untuk mengisap air yang berada di dalam block, kemudian di semburkan dan di tampung dalam radiator. lalu hawa panas radiator di hembus atau di isap oleh Fan ( Kipas ) dengan tujuan air yang mulai panas kembali turun menjadi dingin. Sementara dingin yang di maksut bukan berati bisa di pegang tangan namun mempunyai temperatur yg setabil.

KESIMPULAN.
Cooling system adalah cara agar engine atau mesin tetap dingin sesuai atau stabil temperaturnya atau juga di sebut sistem pendinginan, Karena semua pendukung sudah tersedia dari pabriknya, yang perlu kita pikirkan adalah sirkulasi (air yang mengalir keluar masuk) dan putaran fan atau kipas, tetapi tidak semua engine mempunyai sistem pendinginan seperti di atas, contoh atau misal mesin sepeda motor, menggunakan angin dalam pedinginan.

Nah sampai di sini dulu mudah mudahan bermanfaat setidaknya bisa di jadikan bahan pertimbangan dalam menganalisa ketika mesin menjadi panas. terimakasih selamat bertemu kembali di posting berikutnya.