Belajar mengenal dasar - dasar mesin diesel dengan mudah

Mengawali posting pada pos ini mari kita belajar mengenal dasar - dasar mesin diesel dengan mudah dan tepat sasaran, Sebenarnya posting serupa sudah banyak berkeliaran di media internet, Tetapi kali ini kami akan menyuguhkan yang sedikit berbeda dengan harapan mudah di mengerti oleh kalangan awam. Yaitu mengenal dasar dasar mesin diesel secara otodidak.

Belajar tentang dasar - dasar mesin diesel otodidak dan mudah.



Apa itu dasar - dasar mesin. . . ?
Pada semua jenis mesin diesel yang pernah kami kerjakan mempunyai ( aturan - aturan dan cara kerja ) yang sama secara mendasar, Dan pada dunia perbengkelan aturan - aturan atau cara kerja mesin pada umumnya di sebut dengan sebutan system.

Sekali lagi dan perlu di ingat. dan harus di ingat - ingat. aturan - aturan atau cara kerja mesin secara mendasar di dunia perbengkelan di sebut dengan sebutan system dan mesin itu sendiri di sebut dengan sebutan engine (enjin ) Artinya biar mudah di fahami anggaplah system tersebut sebuah nama yang harus kita kenal dan kita ingat
Sementara system itu sendiri di bagi beberapa bagian yang pada umumnya di indonesia di sebut sebagai berikut. :
  1. Fuel system
  2. Air system
  3. Cooling system
  4. lubricating system
Untuk perbaikan mesin diesel yang sedang ber masalah kita harus kenal, tau benar, dan faham benar, tentang system tersebut, Dengan demikian kita akan cepat tau di mana kerusakan dan tindakan apa yang harus dikerjakan. Tanpa mengerti benar tentang system sama saja mempersulit diri sendiri untuk mencari tau di mana kerusakan dan apa yang harus dikerjakan. .  .  .
Coba sampai di sini jelas belum. .  ?  Baik kita lanjutkan.

Kenapa kita harus ingat system tersebut. . . ?
Nama-nama tersebut di atas adalah kelompok atau petak - petak pembatas, atau juga sebut saja grup, Dengan demikian kita harus belajar memisahkan di antara nama - nama ( system ) tersebut, agar nantinya tau betul, Di kelompok , Atau petak, Atau grup mana yang bermasalah. Lain dari itu nama tersebut di atas akan selalu kita temukan ketika orang berbicara masalah mesin, Atau akan selalu kita temukan di buku - buku panduan atau juga pada shop manual.

Apa guna dan bagaimana cara kerja system tersebut. . .  . ?
Mesin diesel akan bekerja dengan normal dan maksimal jika system tersebut bekerja dengan benar pula. Kenalkan diri kita dengan nama-nama berikut.
Fuel sytem semua yang berhubungan dengan bahan bakar.
Air System semua yang berhungan dengan angin / udara,
Cooling System semua yang berhubangan dengan air atau pendingin.
Lubricating System emua yang berhubungan denga oli atau pelumasan.

Sementara semua system yang ada mempunyai ukuran - ukuran standar masing masing dari nama type model mesin itu sendiri dan semua bisa kita dapatkan dari buku panduan atau shop manual sesuai dengan nama type atau model mesin itu sendiri. Nah sampai di sini dulu di pos berikutnya kita bedah kita uraikan system tersebut satu persatu semoga bermanfaat.


Temukan shop manual nya di sini.
Terlengkap Amanah menerima pesanan

0 Response to " Belajar mengenal dasar - dasar mesin diesel dengan mudah "

Post a Comment

Tinggalkan pesan komentar